Shopping cart

Subtotal: $4398.00

View cart Checkout

shape
shape

Anyaman Rotan Kaltim Jadi Magnet Wisatawan Mancanegara Dalam Festival Bebaya 2024

  • Home
  • Anyaman Rotan Kaltim Jadi Magnet Wisatawan Mancanegara Dalam Festival Bebaya 2024

Anyaman Rotan Kaltim Jadi Magnet Wisatawan Mancanegara Dalam Festival Bebaya 2024


Bali - Disperindagkop Provinsi Kaltim melalui UPTD Pelatihan Koperasi unjuk gigi menampilkan Anyaman Rotan dalam ajang Festival Bebaya Kaltim Exhibition 2024 selama 2 Hari dari tanggal 27-28 September 2024 yang diselenggarakan Badan Penghubung Provinsi Kaltim bertempat di Beachwalk Mall Bali Jalan Pantai Kuta Badung, Sabtu (28/9).

Anyaman rotan merupakan salah satu produk unggulan Kalimantan Timur. Rotan yang melimpah di Benua Etam menjadi bahan baku utama dalam berbagai produk kerajinan yang diminati pasar.

Kepala UPTD Pelatihan Koperasi (Pelkop) Disperindagkop Kaltim Zainuddin Panani mengatakan Partisipasi UPTD Pelatihan Koperasi Disperindagkop Kaltim dalam kegiatan ini merupakan upaya untuk memperluas jaringan pemasaran produk kerajinan, sekaligus meningkatkan daya saing UMKM binaan di kancah nasional maupun internasional.

“Ini menjadi wadah yang efektif untuk memperkenalkan potensi ekonomi kreatif Kaltim kepada khalayak luas, khususnya wisatawan nusantara maupun mancanegara,” Kata Zainuddin saat kegiatan di Stand Dekranasda dan Disperindagkop Kaltim.

Menurutnya, dengan mempromosikan kerajinan anyaman rotan yang ramah lingkungan, Kalimantan Timur berupaya memperkuat citranya sebagai salah satu daerah penghasil kerajinan tangan terbaik di Indonesia.

“Ini momentum yang sangat bagus dan membuka peluang kerjasama dengan berbagai pihak. Apalagi Kerajinan tangan Kaltim bisa terus dilestarikan. Salah satunya anyaman rotan,” ucap Zainuddin.

Pada kesempatan itu juga, Zainuddin bangga dengan keikutsertaan UPTD Pelatihan Koperasi di ajang Festival Bebaya Kaltim Exhibition 2024. Tidak sedikit antusias wisatawan mancanegara yang ikut belajar anyaman rotan Kaltim.

“Kita bisa saksikan antusias wisatawan mancanegara asal Brazil ikut belajar anyaman rotan Kaltim. Artinya apa, anyaman rotan menjadi magnet untuk mereka ingin belajar menganyam,” pungkasnya. (rzk/ty)

Simak juga berita ini di laman Portal Kaltim dengan tautan :

https://kaltimprov.go.id/detailberita/anyaman-rotan-kaltim-jadi-magnet-wisatawan-mancanegara-dalam-festival-bebaya-2024