Shopping cart

Subtotal: $4398.00

View cart Checkout

shape
shape

Bukan Hanya Bisa Membuat Produk, Tapi Bagaimana Memasarkannya

  • Home
  • Bukan Hanya Bisa Membuat Produk, Tapi Bagaimana Memasarkannya

Bukan Hanya Bisa Membuat Produk, Tapi Bagaimana Memasarkannya

Banyak pelaku UMKM seringkali hanya berpikir membuat produk dan lantas duduk manis menunggu pembeli datang. Padahal di era yang semakin dinamis dan terbuka saat ini, pola demikian perlahan sudah mulai kehilangan pasar. "Pelaku UMKM harus memahami pentingnya pemasaran produk," kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) dan UKM Provinsi Kaltim HM Yadi Robyan Noor dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekretaris Disperindagkop dan UKM Provinsi Kaltim Sudihardani saat membuka Pelatihan Perluasan Akses Pasar di Aula UPTD Pelatihan Koperasi di Jalan DI Pandjaitan Samarinda, Selasa (14/12/2021). Sebagai usaha ekonomi yang produktif, Roby menjelaskan UMKM banyak diminati. Dalam upaya pemberdayaannya, maka para pelaku UMKM harus terus diedukasi terkait strategi pemasaran di tengah kemajuan era digital saat ini. Dimulai dari membuat produk berkualitas yang tidak dimiliki pelaku usaha sejenis dan bagaimana menjualnya. Untuk itu perlu kreativitas dan inovasi tanpa henti. "Berikutnya pelaku UMKM harus memiliki akses yang mudah bagi para konsumen," tambah Roby. Apalagi di era pasar bebas saat ini, bermacam produk dari luar daerah dan luar negeri bisa dengan mudah didapatkan konsumen dalam negeri. (Caption lanjut di slide ke 3) Foto : Istimewa/UPTD Pelatihan Koperasi Kaltim www.kaltimprov.go.id #kaltimberdaulat #pemprovKaltim #indonesiaMaju #infoKaltim #biroadpimkaltim #kalimantantimur #indonesia #eastborneo #lawancovid19Banyak pelaku UMKM seringkali hanya berpikir membuat produk dan lantas duduk manis menunggu pembeli datang. Padahal di era yang semakin dinamis dan terbuka saat ini, pola demikian perlahan sudah mulai kehilangan pasar.

"Pelaku UMKM harus memahami pentingnya pemasaran produk," kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) dan UKM Provinsi Kaltim HM Yadi Robyan Noor dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekretaris Disperindagkop dan UKM Provinsi Kaltim Sudihardani saat membuka Pelatihan Perluasan Akses Pasar di Aula UPTD Pelatihan Koperasi di Jalan DI Pandjaitan Samarinda, Selasa (14/12/2021).

Sebagai usaha ekonomi yang produktif, Roby menjelaskan UMKM banyak diminati. Dalam upaya pemberdayaannya, maka para pelaku UMKM harus terus diedukasi terkait strategi pemasaran di tengah kemajuan era digital saat ini.

Dimulai dari membuat produk berkualitas yang tidak dimiliki pelaku usaha sejenis dan bagaimana menjualnya. Untuk itu perlu kreativitas dan inovasi tanpa henti.

"Berikutnya pelaku UMKM harus memiliki akses yang mudah bagi para konsumen," tambah Roby.

Apalagi di era pasar bebas saat ini, bermacam produk dari luar daerah dan luar negeri bisa dengan mudah didapatkan konsumen dalam negeri.

(Caption lanjut di slide ke 3)

Foto : Istimewa/UPTD Pelatihan Koperasi Kaltim

www.kaltimprov.go.id

#kaltimberdaulat #pemprovKaltim #indonesiaMaju
#infoKaltim #biroadpimkaltim #kalimantantimur
#indonesia #eastborneo #lawancovid19