Shopping cart

Subtotal: $4398.00

View cart Checkout

shape
shape

Dekranasda Kaltim Meriahkan Kriyanusa 2024 dengan Kerajinan Khas Daerah dan 30 Pengrajin

  • Home
  • Dekranasda Kaltim Meriahkan Kriyanusa 2024 dengan Kerajinan Khas Daerah dan 30 Pengrajin

Dekranasda Kaltim Meriahkan Kriyanusa 2024 dengan Kerajinan Khas Daerah dan 30 Pengrajin



Jakarta – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kalimantan Timur (Kaltim) turut berpartisipasi dalam ajang Kriyanusa 2024 dengan menampilkan berbagai kerajinan khas daerah yang unik dan beragam.

Dekranasda Kaltim akan menampilkan 50 stand yang terbagi dalam dua kategori utama di Hall A dan B. Terdapat 20 stand yang menampilkan ikon budaya Kaltim, seperti struktur rumah lamin dan rumah adat masyarakat setempat.

"Sementara itu, 30 stand lainnya terbagi menjadi tiga kategori: 10 stand binaan Dekranasda Kaltim, 10 stand binaan kabupaten/kota, serta 10 stand dari perbankan, perusahaan, dan perusda yang ada di Kaltim," jelas Heny Purwaningsih selaku Ketua Harian Dekranasda Kaltim.

Kriyanusa 2024 menjadi kesempatan istimewa bagi Kaltim untuk menampilkan kriya khas daerah. Tahun ini, konsep yang diusung menampilkan kapal sebagai panggung utama yang membawa Dekranasda ke berbagai wilayah di Indonesia.

"Tahun 2024, kapal akan singgah di Kaltim, menjadikannya sebagai ikon dalam pagelaran Kriyanusa. Ini adalah ajang untuk memamerkan kerajinan tangan berbahan baku lokal," tambahnya.

Dalam pagelaran ini, Kalimantan Timur akan menampilkan berbagai kriya unggulan berbahan baku lokal dengan partisipasi dari 10 kabupaten/kota dan 30 pengrajin.

Heny Purwaningsih selaku Ketua Harian Dekranasda Kaltim sekaligus Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kaltim, berharap melalui Kriyanusa tahun ini, seni, budaya, kerajinan, adat dan kriya Kaltim dapat lebih dikenal luas.

"Dengan tema 'Perajin Muda, Lestarikan Warisan Budaya', diharapkan kekayaan kerajinan Kaltim dapat diwariskan dengan baik kepada generasi mendatang dan tetap terjaga kelestariannya," tutupnya. (tp/pt)

Simak juga berita ini di laman Portal Kaltim dengan tautan :

https://kaltimprov.go.id/detailberita/dekranasda-kaltim-meriahkan-kriyanusa-2024-dengan-kerajinan-khas-daerah-dan-30-pengrajin