Shopping cart

Subtotal: $4398.00

View cart Checkout

shape
shape

Desa Sebulu Ulu - Kamis (23/10/2023) sebuah program pendidikan yang sangat diantisipasi

  • Home
  • Desa Sebulu Ulu - Kamis (23/10/2023) sebuah program pendidikan yang sangat diantisipasi

Desa Sebulu Ulu - Kamis (23/10/2023) sebuah program pendidikan yang sangat diantisipasi

program pendidikan yang sangat diantisipasi, yaitu Program Kecakapan Wirausaha (PKW) tahun 2023, resmi dibuka di Desa Sebulu Ulu, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Program ini diselenggarakan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset Teknologi Republik Indonesia dan kerjasama Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kalimantan Timur (Dekranasda Kaltim), bertujuan untuk meningkatkan keterampilan wirausaha, khususnya dalam seni kerajinan tenun badong tencep atau doyo, warisan budaya berharga.

Kegiatan ini diselenggarakan di balai desa setempat, dengan pengajar utama berasal dari Perajin Poqant Taqaq berasal dari Kabupaten Kutai Kartanegara, dengan memberikan materi proses pembuatan kain doyo mulai dari mengeringkan daun doyo, menyayatnya hingga menjadi serat, di jalin dan dilinting hingga membentuk benang kasar hingga proses pewarnaan sampai proses penenunan benang menjadi kain. Tidak hanya Pokant Taqaq Program PKW juga di isi oleh PLUT Kaltim dan BPD Kaltimtara membagikan Materi Kewirausahaan dan Permodalan hingga mengelola bisnis bagi Wira Usaha Baru. Program PKW tahun 2023 di Desa Sebulu Ulu ini diikuti sebanyak 20 (dua puluh) peserta dengan ketentuan Anak Usia Sekolah tidak sekolah (ATS) usia 15 s.d 25 Tahun yang menganggur, dengan jumlah 200 jam pelajaran yang dilaksanakan pada tanggal 23 Oktober 2023 sampai dengan 1 Desember 2023.Kegiatan ini diselenggarakan di balai desa setempat, dengan pengajar utama berasal dari Perajin Poqant Taqaq berasal dari Kabupaten Kutai Kartanegara, dengan memberikan materi proses pembuatan kain doyo mulai dari mengeringkan daun doyo, menyayatnya hingga menjadi serat, di jalin dan dilinting hingga membentuk benang kasar hingga proses pewarnaan sampai proses penenunan benang menjadi kain.

Tidak hanya Pokant Taqaq Program PKW juga di isi oleh PLUT Kaltim dan BPD Kaltimtara membagikan Materi Kewirausahaan dan Permodalan hingga mengelola bisnis bagi Wira Usaha Baru.

Program PKW tahun 2023 di Desa Sebulu Ulu ini diikuti sebanyak 20 (dua puluh) peserta dengan ketentuan Anak Usia Sekolah tidak sekolah (ATS) usia 15 s.d 25 Tahun yang menganggur, dengan jumlah 200 jam pelajaran yang dilaksanakan pada tanggal 23 Oktober 2023 sampai dengan 1 Desember 2023.

"Kami sangat bersemangat untuk membuka Program Kecakapan Wirausaha tahun ini, terutama dengan keterampilan tenun badong tencep dan doyo yang memiliki nilai budaya yang tinggi. Ini adalah kesempatan bagi peserta didik kami untuk memperdalam pengetahuan mereka dan berpotensi mengembangkan bisnis kecil atau industri kerajinan yang berkelanjutan di masa depan," kata Kepala Desa Sebulu Zul Khaidir. . Mewakili Kepala Dinas Perindagkop Kaltim Ronny Suhendra, ST, berharap program PKW dapat memaksimalkan (meningkatkan) pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill), dan kecakapan (ability) peserta didik program PKW agar dapat merintis usaha dan menjadi wirausaha Baru di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kecamatan Sebulu Ulu khususnya. . Program ini diharapkan juga memberikan kontribusi besar dalam mempertahankan dan menghidupkan kembali seni tenun tradisional, membuka peluang ekonomi bagi masyarakat setempat. Melalui kerjasama yang kuat antara pemerintah, lembaga berwenang, dan individu yang peduli terhadap budaya dan kewirausahaan, program PKW tahun 2023 ini diharapkan akan menjadi landasan yang kuat untuk perkembangan masa depan di bidang kerajinan dan wirausaha di Kalimantan Timur."Kami sangat bersemangat untuk membuka Program Kecakapan Wirausaha tahun ini, terutama dengan keterampilan tenun badong tencep dan doyo yang memiliki nilai budaya yang tinggi. Ini adalah kesempatan bagi peserta didik kami untuk memperdalam pengetahuan mereka dan berpotensi mengembangkan bisnis kecil atau industri kerajinan yang berkelanjutan di masa depan," kata Kepala Desa Sebulu Zul Khaidir.
.
Mewakili Kepala Dinas Perindagkop Kaltim Ronny Suhendra, ST, berharap program PKW dapat memaksimalkan (meningkatkan) pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill), dan kecakapan (ability) peserta didik program PKW agar dapat merintis usaha dan menjadi wirausaha Baru di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kecamatan Sebulu Ulu khususnya.
.
Program ini diharapkan juga memberikan kontribusi besar dalam mempertahankan dan menghidupkan kembali seni tenun tradisional, membuka peluang ekonomi bagi masyarakat setempat. Melalui kerjasama yang kuat antara pemerintah, lembaga berwenang, dan individu yang peduli terhadap budaya dan kewirausahaan, program PKW tahun 2023 ini diharapkan akan menjadi landasan yang kuat untuk perkembangan masa depan di bidang kerajinan dan wirausaha di Kalimantan Timur.

@industri.kaltim
.
(Nad/Ek/HumasDP2KUKM)
.
http://indagkop.kaltimprov.go.id
.
#indagkopkaltim #pemprovkaltim