Shopping cart

Subtotal: $4398.00

View cart Checkout

shape
shape

Dinas PPKUKM Prov. Kaltim Laksanakan Benchmarking

  • Home
  • Dinas PPKUKM Prov. Kaltim Laksanakan Benchmarking

Dinas PPKUKM Prov. Kaltim Laksanakan Benchmarking

Jawa Barat - Dalam upaya meningkatkan kinerja serta memperluas wawasan dalam pengembangan koperasi dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Provinsi Kalimantan Timur telah mengadakan kunjungan benchmarking ke dua lokasi strategis di Jawa Barat.

Pada (5-7 Maret 2024), rombongan dari Dinas Perindagkop UKM Kaltim dipimpin oleh Kepala Dinas, Heni Purwaningsih, mengunjungi Koperasi Pesantren Al-Ittifaq yang berlokasi di daerah Ciwidet Jawa Barat. Kunjungan ini bertujuan untuk mempelajari model bisnis koperasi yang terintegrasi dengan pesantren, dengan harapan dapat diadopsi dan diterapkan di Kaltim untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

“Koperasi Pesantren Al-Ittifaq telah menunjukkan kesuksesan dalam menggabungkan pendidikan agama dan ekonomi melalui model bisnis koperasi yang berbasis pada prinsip-prinsip keislaman. Kami berharap dapat belajar banyak dari pengalaman mereka untuk diterapkan di Kaltim,” ungkap Heni Purwaningsih.

Selain kunjungan ke Koperasi Pesantren Al-Ittifaq, rombongan dari Dinas Perindagkop UKM Kaltim juga mengunjungi Pusat Distribusi Puwakarta Provinsi Jawa Barat. Di sana, mereka belajar tentang manajemen distribusi dan logistik yang efisien dalam mendukung perkembangan UMKM, serta strategi pemasaran yang berhasil menjangkau pasar secara luas.

Menanggapi kunjungan ini, Bapak Susanto menekankan pentingnya pengembangan koperasi dan UMKM sebagai pilar ekonomi yang kuat di Kaltim. “Kami percaya bahwa dengan mempelajari dan menerapkan praktik terbaik dari berbagai daerah, kami dapat mengembangkan ekosistem yang mendukung pertumbuhan dan daya saing UMKM di Kalimantan Timur,” tambahnya.

Kunjungan ini juga menjadi bagian dari upaya pemerintah daerah dalam mengimplementasikan berbagai program yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan sektor ekonomi lokal. Diharapkan, hasil dari kunjungan ini akan memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan dan kemajuan UMKM di Kalimantan Timur.

http://dppkukm.kaltimprov.go.id

#ppkukmkaltim #indagkopkaltim #pemprovkaltim