Shopping cart

Subtotal: $4398.00

View cart Checkout

shape
shape

Disperindagkop UKM Kaltim Jamin Ketersediaan Bahan Pokok

  • Home
  • Disperindagkop UKM Kaltim Jamin Ketersediaan Bahan Pokok

Disperindagkop UKM Kaltim Jamin Ketersediaan Bahan Pokok

Bisnis.com, BALIKPAPAN — Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) Kalimantan Timur mengupayakan monitoring bahan pokok di sejumlah pasar induk Kabupaten/Kota se Kaltim. Kepala Dinas Perindagkop UKM Kaltim HM Yadi Robyan Noor menyatakan pihaknya intensif melakukan monitoring ke pasar-pasar induk/besar melalui tim teknis yang setiap harinya bertugas mulai pagi hingga pukul 10.00 WITA. "[Hasilnya] langsung update ke aplikasi sistem Bapok (bahan pokok), dan dipublis di portal kami. Jadi lebih real time untuk jadi acuan," ujarnya melalui aplikasi pesan singkat, Jumat (18/12/2020). Pria yang akrab disapa Roby ini memaparkan, pasar-pasar yang menjadi fokus monitoring ketersediaan dan stok Bapok, yaitu Pasar Segiri, Pasar Kedondong dan Pasar Sei Dama di Kota Samarinda. Kemudian, untuk Kota Balikpapan adalah Pasar Pandansari, Pasar Mangkurawang di Kabupaten Kutai Kartanegara, Pasar Jaras di Kabupaten Kutai Barat dan Pasar Rawa Indah di Kota Bontang. Selanjutnya, Pasar Induk Sangatta di Kabupaten Kutai Timur, Pasar Sanggam Aji Dilayas di Kabupaten Berau, Pasar Penajam di Kabupaten Penajam Paser Utara, Pasar Senaken di Kabupaten Paser dan Pasar Ujoh Bilang di Kabupaten Mahakam Ulu. "Tujuannya untuk memberikan informasi dan kepastian/acuan harga Bapok di pasar-pasar utama/induk se Kaltim," jelasnya. Selanjutnya, Roby, mengatakan bahwa menjelang hari besar keagamaan terutama hari raya natal dan tahun baru, stok (ketersediaan) Bapok masih aman dengan harga cukup stabil. Hal tersebut dilakukan dengan terus bersinergi dan berkoordinasi antar stakeholder yaitu Dinas Perindagkop UKM, Perum Bulog dan Satgas Pangan. Adapun, berdasarkan laporan harga bahan pokok Dinas Perindagkop UKM Kaltim per 18 Desember 2020 a.l harga telur ayam kampung senilai Rp42.333/kilogram, telur ayam ras Rp27.200/kilogram, daging ayam kampung Rp60.000/kilogram dan harga daging sapi beku Rp85.000/kilogram. Untuk harga tomat yaitu Rp9.333/kilogram, kol Rp9.333/kilogram, kentang Rp15.667/kilogram, bawang putih Rp21.333/kilogram, bawang Merah Rp27.667/kilogram, cabe rawit hijau Rp50.000/kilogram, cabe rawit merah Rp19.333/kilogram dan harga cabe merah keriting Rp41.667/kilogram. sumber : https://kalimantan.bisnis.com/read/20201218/407/1332865/disperindagkop-ukm-kaltim-jamin-ketersediaan-bahan-pokok

Bisnis.com, BALIKPAPAN — Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) Kalimantan Timur mengupayakan monitoring bahan pokok di sejumlah pasar induk Kabupaten/Kota se Kaltim.

Kepala Dinas Perindagkop UKM Kaltim HM Yadi Robyan Noor menyatakan pihaknya intensif melakukan monitoring ke pasar-pasar induk/besar melalui tim teknis yang setiap harinya bertugas mulai pagi hingga pukul 10.00 WITA.

"[Hasilnya] langsung update ke aplikasi sistem Bapok (bahan pokok), dan dipublis di portal kami. Jadi lebih real time untuk jadi acuan," ujarnya melalui aplikasi pesan singkat, Jumat (18/12/2020).

Pria yang akrab disapa Roby ini memaparkan, pasar-pasar yang menjadi fokus monitoring ketersediaan dan stok Bapok, yaitu Pasar Segiri, Pasar Kedondong dan Pasar Sei Dama di Kota Samarinda.

Kemudian, untuk Kota Balikpapan adalah Pasar Pandansari, Pasar Mangkurawang di Kabupaten Kutai Kartanegara, Pasar Jaras di Kabupaten Kutai Barat dan Pasar Rawa Indah di Kota Bontang.

Selanjutnya, Pasar Induk Sangatta di Kabupaten Kutai Timur, Pasar Sanggam Aji Dilayas di Kabupaten Berau, Pasar Penajam di Kabupaten Penajam Paser Utara, Pasar Senaken di Kabupaten Paser dan Pasar Ujoh Bilang di Kabupaten Mahakam Ulu.

"Tujuannya untuk memberikan informasi dan kepastian/acuan harga Bapok di pasar-pasar utama/induk se Kaltim," jelasnya.

Selanjutnya, Roby, mengatakan bahwa menjelang hari besar keagamaan terutama hari raya natal dan tahun baru, stok (ketersediaan) Bapok masih aman dengan harga cukup stabil.

Hal tersebut dilakukan dengan terus bersinergi dan berkoordinasi antar stakeholder yaitu Dinas Perindagkop UKM, Perum Bulog dan Satgas Pangan.

Adapun, berdasarkan laporan harga bahan pokok Dinas Perindagkop UKM Kaltim per 18 Desember 2020 a.l harga telur ayam kampung senilai Rp42.333/kilogram, telur ayam ras Rp27.200/kilogram, daging ayam kampung Rp60.000/kilogram dan harga daging sapi beku Rp85.000/kilogram.

Untuk harga tomat yaitu Rp9.333/kilogram, kol Rp9.333/kilogram, kentang Rp15.667/kilogram, bawang putih Rp21.333/kilogram, bawang Merah Rp27.667/kilogram, cabe rawit hijau Rp50.000/kilogram, cabe rawit merah Rp19.333/kilogram dan harga cabe merah keriting Rp41.667/kilogram.

sumber : https://kalimantan.bisnis.com/read/20201218/407/1332865/disperindagkop-ukm-kaltim-jamin-ketersediaan-bahan-pokok