Shopping cart

Subtotal: $4398.00

View cart Checkout

shape
shape

Harkonas Fest 2024 “Konsumen Kritis, Cerdas Bertransaksi”

  • Home
  • Harkonas Fest 2024 “Konsumen Kritis, Cerdas Bertransaksi”

Harkonas Fest 2024 “Konsumen Kritis, Cerdas Bertransaksi”



Samarinda - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2024 dengan meriah. Acara ini diadakan untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan konsumen dalam melindungi hak-haknya, serta mendorong tanggung jawab pelaku usaha terhadap konsumennya.

Harkonas Fest diadakan di Halaman Galeri UKM Minggu, 26 Mei 2024. Hari Konsumen Nasional ini merupakan momentum untuk mengukur kemampuan konsumen melindungi hak – haknya sebagai konsumen yang mana pelaku usaha juga harus bertanggung jawab. Dari Survey IKK yang telah dilakukan di Tahun 2023, Provinsi Kalimantan Timur mendapat nilai 52,40 dengan kategori ”Mampu”.

Peringatan Harkonas tahun ini diisi dengan berbagai kegiatan menarik yang dihadiri oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Kegiatan tersebut meliputi fun run, pound fit, talkshow bertema “Konsumen Cerdas”, serta berbagai hadiah menarik yang disiapkan untuk para peserta.

Fun run dan pound fit menjadi daya tarik utama yang berhasil mengundang banyak peserta untuk berpartisipasi. Aktivitas fisik ini tidak hanya bertujuan untuk menjaga kesehatan, tetapi juga sebagai sarana mempererat kebersamaan di antara masyarakat.

Acara dibuka oleh Pj. Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik. “Di era digital sekarang ini konsumen diharapkan lebih teliti dan hati hati dalam bertransaksi, hal ini karena transaksi dijalankan dalam bentuk digital contoh untuk membayar dari transaksi kita cukup scan QRIS atau menggunakan aplikasi lainnya seperti dana, gopay dan shopee pay.Kita dituntut untuk jeli, hal ini untuk menghindari kerugian karena ketidak pahaman konsumen terhadap klausula balik yang diterapkan oleh penyedia jasa tersebut” Ujar Akmal.

Selain itu, talkshow "Konsumen Cerdas" menghadirkan narasumber Badan Perlindungan Konsumen Nasional Republik Indonesia, Bapak Mufti Mubarog dan Sekretaris Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Bapak Ivan Fitryanto. Talkshow ini membahas berbagai topik penting, termasuk hak-hak konsumen, cara mengajukan keluhan, dan pentingnya mengetahui informasi produk sebelum melakukan pembelian. Diharapkan, melalui talkshow ini, masyarakat dapat menjadi konsumen yang lebih cerdas dan kritis.

(Nad/Ek/HumasDP2KUKM)

http://dppkukm.kaltimprov.go.id

#ppkukmkaltim #indagkopkaltim #pemprovkaltim