Shopping cart

Subtotal: $4398.00

View cart Checkout

shape
shape

Heni : Stok Beras Tersedia Cukup Sampai Lebaran

  • Home
  • Heni : Stok Beras Tersedia Cukup Sampai Lebaran

Heni : Stok Beras Tersedia Cukup Sampai Lebaran



Samarinda - Di sela rangkaian kesibukan harian Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Prov. Kaltim, Heni Purwaningsih turut meninjau ketersediaan stok dan harga beras di beberapa Pasar yang ada di Balikpapan dan Samarinda.

Heni menjelaskan bahwa penyebab terjadinya kenaikan harga beras dikarenakan oleh dampak dari belum sepenuhnya pulih dari El Nino (yang mengakibatkan musim panen bergeser) sehingga sentra sentra beras secara nasional belum memasuki panen raya sehingga harga beras terpantau cukup mahal.

Akan tetapi, Heni menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap tenang. “Berdasarkan hasil pemantauan harga dan monitoring Dinas kami bahwa ketersediaan atau stok beras di gudang BULOG dan distributor bahkan di Pasar Tradisional cukup dan bahkan cukup sampai dengan pada waktu lebaran.” ujar Heni “Saya berharap kepada seluruh masyarakat untuk tidak perlu melakukan aksi borong, tidak perlu panic buying. Berbelanjalah dengan bijak, dan berbelanjalah sesuai dengan kebutuhan.” pesannya.

Pemerintah memperkirakan bahwa pada bulan Maret atau April sudah memasuki panen raya dan di prediksi akan terjadi penurunan harga beras. “Sebagai informasi, di Pusat Pasar Induk Beras Cipinang sebagai barometer harga beras nasional bahwa harga beras sudah mulai turun. Sudah ada beberapa sentra produksi beras yang sudah panen, akan tetapi belum panen secara massal jadi tingkat penurunannya masih kecil.” ungkap Heni.

(Nad/Ek/Hend/HumasDP2KUKM)

http://indagkop.kaltimprov.go.id

#indagkopkaltim #pemprovkaltim