Shopping cart

Subtotal: $4398.00

View cart Checkout

shape
shape

Indagkop Podcast Episode 2, “Kupas Tuntas TKDN dan SIINAS”, IKM Kaltim Punya Potensi Besar dan Berdaya Bersaing

  • Home
  • Indagkop Podcast Episode 2, “Kupas Tuntas TKDN dan SIINAS”, IKM Kaltim Punya Potensi Besar dan Berdaya Bersaing

Indagkop Podcast Episode 2, “Kupas Tuntas TKDN dan SIINAS”, IKM Kaltim Punya Potensi Besar dan Berdaya Bersaing

Indagkop Podcast Episode 2, “Kupas Tuntas TKDN dan SIINAS”
IKM Kaltim Punya Potensi Besar dan Berdaya Bersaing

Samarinda – Indagkop Podcast DPPKUKM Provinsi Kalimantan Timur kembali hadir dengan tema menarik yang membahas “Kupas Tuntas TKDN dan SIINAS dalam Kemajuan Industri.” Episode kali ini disiarkan pada hari Senin, (07/10/2024) dan dihadiri oleh tiga Pembina Industri Ahli Pertama dari DPPKUKM, yaitu Sdr. Fandi Saputra, Ridho Dimas Sofwan, dan Lukman Ariefuddin.

Diskusi dalam podcast ini mengangkat dua aspek strategis yang menjadi fokus pemerintah dalam meningkatkan daya saing industri dalam negeri, yaitu Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dan Sistem Informasi Industri Nasional (SIINAS). Penerapan kebijakan TKDN diharapkan dapat mengoptimalkan penggunaan produk lokal, sehingga mendorong pertumbuhan industri dalam negeri. Sementara itu, SIINAS sebagai platform digital berperan penting dalam menghubungkan seluruh informasi industri di Indonesia, mempermudah koordinasi, serta pengambilan kebijakan yang lebih efektif.

Dalam episode ini, para pembicara berbagi informasi mendalam tentang bagaimana TKDN dapat diimplementasikan secara optimal di Kalimantan Timur dan peran SIINAS dalam memfasilitasi akses informasi yang diperlukan untuk pengembangan industri lokal. Diskusi ini tidak hanya memberikan gambaran yang jelas mengenai kedua aspek tersebut, tetapi juga bagaimana cara membuat akun dan gambaran apa saja yang didapatkan dari mendaftarkan usaha dalam SIINAS dan memiliki Sertifikat TKDN.

Diharapkan, melalui podcast ini, para pendengar dapat lebih memahami pentingnya TKDN dan SIINAS dalam keikutsertaan pelaku usaha didalam proses pengadaan melalui e-katalog yang dilaksanakan oleh Pemerintah serta keunggulan lain ketika mendaftarkan usahanya dalam sistem elektronik tersebut, serta dapat memanfaatkan informasi yang disediakan untuk mendorong perkembangan usaha mereka.





(Nad/Ek/HumasDP2KUKM)

http://dppkukm.kaltimprov.go.id

#ppkukmkaltim #indagkopkaltim #pemprovkaltim