Shopping cart

Subtotal: $4398.00

View cart Checkout

shape
shape

Jelang HBKN, DPPKUKM Kaltim Lakukan Pengawasan Terpadu

  • Home
  • Jelang HBKN, DPPKUKM Kaltim Lakukan Pengawasan Terpadu

Jelang HBKN, DPPKUKM Kaltim Lakukan Pengawasan Terpadu

Samarinda - Menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional yakni Hari Raya Idul Fitri, bidang Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Dinas PPKUKM Prov. Kaltim melakukan pengawasan terpadu yang melibatkan instansi terkait yakni Biro Ekonomi, Dinas Kesehatan, Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Keluatan dan Perikanan, Satuan Polisi Pamong Praja, Polda Kaltim, BPOM, dan Dinas Komunikasi dan Informatika Kaltim, Senin (01/04/2024).

Setelah sebelumnya melakukan Rapat Persiapan Pengawasan pada hari Rabu (27/03/2024) yang lalu, pengawasan terpadu yang melibatkan berbagai instansi ini dibagi menjadi dua tim. Tim pertama melakukan pengawasan di Pasar Segiri, Foodmart, dan Indo Grosir. Sedangkan tim kedua melakukan pengawasan di Pasar Kedondong, Hypermart, dan Lottemart yang berlokasi di Samarinda. Syahrani selaku Kepala Bidang PKTN DPPKUKM Kaltim menyampaikan bahwa di setiap timnya sudah dibagi sesuai dengan tupoksi nya masing-masing. “Masing-masing pengawas mengawasi label halalnya, SNI nya, kadaluwarsanya, dll sesuai tupoksinya masing-masing.” ujar Syahrani.

Kadis PPKUKM Prov. Kaltim Heni Purwaningsih turut memberikan arahan kepada seluruh pengawas sebelum kedua tim melaksanakan tugas di lokasinya masing-masing. Heni menyampaikan bahwa pengawasan ini dilakukan secara terpadu, khusus dan berkala. “Menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional seperti Hari Raya Idul Fitri ini, kita laksanakan pengawasan terpadu secara khusus ke Pasar Tradisional maupun Pasar Modern. Besok, Rabu (02/04/2024) hasil dari pengawasan ini akan di evaluasi oleh seluruh instansi terkait.” ujar Heni.

Dari hasil pengawasan di lapangan ditemukan beberapa hal seperti tidak ada label halal dan SNI, adanya daging dan ayam yang tidak terbungkus dengan baik, dsb. Sejalan dengan hal tersebut, Syahrani menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk dapat mengecek kembali dan memperhatikan kualitas dagangan para penjual. "Jangan lupa untuk selalu memperhatikan tanggal kadaluwarsa, label halal dan SNI." ujar Syahrani.

(Nad/Ek/HumasDP2KUKM)

http://dppkukm.kaltimprov.go.id

#ppkukmkaltim #indagkopkaltim #pemprovkaltim