Shopping cart

Subtotal: $4398.00

View cart Checkout

shape
shape

Kalimantan Timur Sukses Berpartisipasi di MIHAS 2024 Memperkuat Jejaring UKM Halal di Malaysia

  • Home
  • Kalimantan Timur Sukses Berpartisipasi di MIHAS 2024 Memperkuat Jejaring UKM Halal di Malaysia

Kalimantan Timur Sukses Berpartisipasi di MIHAS 2024 Memperkuat Jejaring UKM Halal di Malaysia

Kalimantan Timur Sukses Berpartisipasi di MIHAS 2024
Memperkuat Jejaring UKM Halal di Malaysia

Kuala Lumpur - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, turut berpartisipasi dalam Malaysia International Halal Showcase (MIHAS) 2024 yang berlangsung dari 17 hingga 20 September di MITEC, Kuala Lumpur dan diikuti oleh 45 negara. MIHAS dikenal sebagai pameran produk halal terbesar di dunia, dan pada kesempatan ini dimanfaatkan oleh pemerintah daerah untuk mempromosikan potensi usaha kecil dan menengah (UKM) dari Kalimantan Timur.

Dalam acara ini, enam UKM binaan dari Kalimantan Timur memamerkan produk unggulan mereka, di antaranya PT. Bungas Food Nusantara (minuman herbal), PT. Deli Koffie Indonesia (kopi), CV. Sri Ningsih (lulur herbal), PT. Abon Jaya Mandiri (abon tuna dan keripik pisang), Koperasi Kriya Inovasi Mandara (produk turunan kelapa), dan Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (produk kemiri dan gula aren).

Acara dibuka secara resmi oleh Perdana Menteri Malaysia, YAB Dato’ Seri Anwar bin Ibrahim. Salah satu pencapaian signifikan dari pameran ini adalah penandatanganan Letter of Intent (LoI) oleh tiga UKM Kalimantan Timur dengan calon pembeli dari Malaysia, yang menunjukkan komitmen dan potensi ekspor produk halal dari Indonesia.

PT. Bungas Food Nusantara berhasil menjalin kerjasama dengan Jati Rotan Store, dengan transaksi sebesar SGD 1.023 untuk 50 kg minuman herbal. Sementara itu, PT Abon Jaya Mandiri menandatangani kesepakatan dengan Utamas Food Industries, Sdn Bhd senilai RM 272.491 untuk 20 ton keripik pisang dan RM 22.857 untuk 5.000 pcs abon tuna. Koperasi KIM juga menandatangani LoI senilai RM 40.526 yang mencakup berbagai produk turunan kelapa.

Total nilai transaksi dari ketiga LoI ini diperkirakan mencapai Rp 1,2 miliar dn disaksikan oleh Kepala Atase Perdagangan RI di Kuala Lumpur serta Kepala Dinas PPKUKM Provinsi Kalimantan Timur, Heni Purwaningsih.

Di samping itu, UKM Deli Koffie juga menjalin potensi kerjasama dengan Kara Marketing (M) Sdn Bhd, dengan nilai transaksi minimal RM 48.649 untuk 5.000 paket kopi. Produk gula kelapa dari PPU juga mendapatkan perhatian, dengan potensi pembeli yang saat ini sedang dalam tahap negosiasi.

Partisipasi aktif Kalimantan Timur dalam MIHAS 2024 menjadi bukti komitmen pemerintah daerah untuk mendukung pertumbuhan UKM dan memperluas jaringan pasar internasional, terutama di sektor produk halal yang semakin diminati di berbagai negara.

(Nad/Ek/HumasDP2KUKM)

http://dppkukm.kaltimprov.go.id

#ppkukmkaltim #indagkopkaltim #pemprovkaltim