Shopping cart

Subtotal: $4398.00

View cart Checkout

shape
shape

Kaltim Sukses Ekspor Rumput Laut Ke Xiamen China

  • Home
  • Kaltim Sukses Ekspor Rumput Laut Ke Xiamen China

Kaltim Sukses Ekspor Rumput Laut Ke Xiamen China



Samarinda - Kamis (4/04/2024) sebuah tonggak bersejarah terjadi di Depo Meratus Pelabuhan Palaran Samarinda dengan pelaksanaan acara pelepasan ekspor perdana rumput laut ke China oleh PT. Multi Sarana Jaya (MSJ). Acara ini diselenggarakan dengan dukungan dan fasilitasi yang signifikan dari Dinas Perindagkop UKM Provinsi Kalimantan Timur, menandai awal dari kemitraan dagang yang menjanjikan antara perusahaan lokal dengan pasar internasional yang luas.

Kegiatan diresmikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur Sri Wahyuni didamnpingi Heni Purwaningsih selaku Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Kalimantan Timur.

Sekda Prov. Kaltim Sri Wahyuni menuturkan bahawa kita perlu waktu untuk meyakinkan pihak china, meski menunggu empat tahun baru bisa tembus pasar China yang sebelumnya diekspor ke Korea. “Apresiasi diberikan kepada PT. Multi Sarana Jaya karena telah berhasil ekspor, ini akan menjadi kesempatan juga bagi pelaku usaha lain yang mengolah rumput laut di Kabupaten atau Kota di Kaltim.” tutur Sri. “Apalagi melihat data BPS disebutkan bahawa ekspor Migas di Kaltim mengalami sedikit penurunan namun angin segarnya adalah Ekspor Non Migas mulai berkembang.” tambahnya.

Heni Purwaningsih dalam sambutanya menyampaikan bahwa pelaku usaha ekspor komoditas kelautan perikanan yang tercatat di Kaltim sampai dengan tahun 2023 tercatat ada 2 eksportir, “Disperindagkop dan UKM Prov Kaltim bekerja sama dengan BPPMHKP Balikpapan mendorong pelaku usaha kelautan dan perikanan memperoleh sertifikasi. Dengan UPI yang tersertififkasi maka pelaku usaha dapat melakukan ekspor mandiri.” ujar Heni.

“CV. Multi Sarana Jaya selama ini mendapatkan dukungan penuh dari Dinas Perindagkop dan UKM Prov. Kaltim, seperti fasilitasi pembelajaran pengembangan produk ke daerah penghasil pengolah semi karagenan di Pasuruan dan juga NTT. Dan kedepannya MSJ telah dalam proses melakukan hilirisasi produk turunan dari rumput laut sehingga komoditi rumput laut ini memiliki nilai jual yang lebih.” ucap Heni.