Shopping cart

Subtotal: $4398.00

View cart Checkout

shape
shape

Pendampingan Penerapan Sistem Manajemen Mutu CPPOB/GMP

  • Home
  • Pendampingan Penerapan Sistem Manajemen Mutu CPPOB/GMP

Pendampingan Penerapan Sistem Manajemen Mutu CPPOB/GMP

Pendampingan Penerapan Sistem Manajemen Mutu CPPOB/GMP
Tingkatkan Inovasi dan Kepatuhan Tata Cara Produksi dan Keamanan Pangan

Balikpapan, 25 September 2024 – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM (DPPKUKM) Provinsi Kalimantan Timur menggelar kegiatan Pendampingan Penerapan Sistem Manajemen Mutu CPPOB (Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik)/GMP (Good Manufacturing Practices) bagi pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) pangan di Kota Balikpapan. Acara ini diadakan selama dua hari, dari 24 hingga 25 September 2024, dan diikuti oleh 35 IKM dari berbagai sektor pangan di Balikpapan.

Acara dibuka oleh Sekretaris Dinas Perindagkop UKM Provinsi Kalimantan Timur, Warsito, S.T., yang menyampaikan pentingnya penerapan standar produksi yang baik untuk meningkatkan daya saing produk pangan. “Melalui kegiatan ini, saya berharap para pelaku industri kecil dapat meningkatkan inovasi dan kepatuhan terhadap kelayakan tata cara produksi yang baik serta keamanan pangan, sehingga bisa menghasilkan produk dengan kualitas tinggi yang berdaya saing,” ujar Warsito dalam sambutannya.

Pendampingan ini menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya, yaitu Arba Susanty dari Balai Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri (BSPJI) Samarinda dan M. Nur Jamaluddin dari UPTD Balai Pengawasan dan Sertifikasi Mutu Barang (BPSMB) Provinsi Kalimantan Timur. Arba Susanty memaparkan pentingnya penerapan standar industri nasional dan internasional dalam menjaga mutu produk pangan, sementara M. Nur Jamaluddin memberikan pemahaman tentang proses pengawasan dan sertifikasi mutu yang diperlukan untuk mendukung daya saing produk IKM.

Acara ini dipandu oleh Tonny Hartono dari Dinas Koperasi dan Perindustrian (Koperin) Kota Balikpapan sebagai moderator. Dengan adanya pendampingan ini, diharapkan para pelaku IKM pangan di Balikpapan semakin memahami penerapan CPPOB/GMP dalam proses produksi, sehingga dapat menghasilkan produk pangan yang aman, berkualitas, dan kompetitif di pasar lokal maupun internasional.

(Nad/Ek/HumasDP2KUKM)

http://dppkukm.kaltimprov.go.id

#ppkukmkaltim #indagkopkaltim #pemprovkaltim