Shopping cart

Subtotal: $4398.00

View cart Checkout

shape
shape

Resesi Ekonomi dan Tantangan UMKM

  • Home
  • Resesi Ekonomi dan Tantangan UMKM

Resesi Ekonomi dan Tantangan UMKM

Samarinda - Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Kalimantan Timur H. M. Yadi Robyan Noor, S. E., M. TP menjadi salah satu narasumber dalam acara Webinar dengan tema Resesi Ekonomi dan Tantangan Pengembangan UMKM Kota Samarinda yang diselenggarakan oleh Program Studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Mulawarman Samarinda. Selasa, (03/11/2020) Pandemi Covid-19 berdampak terhadap pertumbuhan negatif ekonomi dunia, tidak terkecuali di Indonesia termasuk Kalimantan Timur. Pemerintah menerapkan sejumlah upaya agar Indonesia tidak terperosok ke dalam jurang resesi. Di Kalimantan Timur sendiri, total data UMKM terdampak Covid-19 sebanyak 307.343 UMKM. (sumber: Data Bidang Koperasi dan UKM Dinas Perindagkop dan UKM Kaltim) Dalam hal ini, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Perindagkop dan UKM Provinsi Kalimantan Timur melakukan beberapa cara dalam menangani dampak Covid-19 terhadap UMKM. Yaitu melalui pembinaan dan peningkatan SDM pelaku usaha, contohnya melalui Bimbingan Teknis IKM Pangan dan Sandang, beberapa pelatihan seperti Pelatihan Pengolahan Produk Makanan, Pelatihan Kemasan Produk dan Pelatihan Kerajinan Kayu. Pemerintah juga mendukung Gerakan #BanggaBuatanIndonesia melalui Gerakan Ekonomi Beli Produk UKM Kaltim (SK Gubernur No. 518/3618/EK) tanggal 16 Juni 2020. Pemerintah juga memberikan bantuan usaha melalui Bantuan Bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM) sebesar 2,4 juta kepada pelaku usaha mikro untuk menjalankan usaha di tengah pandemi Covid-19. Upaya lain yang diberikan pemerintah adalah melakukan pendampingan pelaku usaha melalu Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) dan Klinik Bisnis Disperindagkop dan UKM Kaltim yang berada di Jl. Dahlia No. 06 Samarinda. Hadir sebagai narasumber, Bapak Daryono dari Dosen Administrasi Publik Fisip Unmul dan Bapak Agus Junaidi dari Asosiasi UMKM Kota Samarinda serta Ibu Santi Rande sebagai moderator. https://indagkop.kaltimprov.go.id/ #indagkopkaltim #pemprovkaltimSamarinda - Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Kalimantan Timur H. M. Yadi Robyan Noor, S. E., M. TP menjadi salah satu narasumber dalam acara Webinar dengan tema Resesi Ekonomi dan Tantangan Pengembangan UMKM Kota Samarinda yang diselenggarakan oleh Program Studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Mulawarman Samarinda. Selasa, (03/11/2020)

Pandemi Covid-19 berdampak terhadap pertumbuhan negatif ekonomi dunia, tidak terkecuali di Indonesia termasuk Kalimantan Timur. Pemerintah menerapkan sejumlah upaya agar Indonesia tidak terperosok ke dalam jurang resesi. Di Kalimantan Timur sendiri, total data UMKM terdampak Covid-19 sebanyak 307.343 UMKM. (sumber: Data Bidang Koperasi dan UKM Dinas Perindagkop dan UKM Kaltim)

Dalam hal ini, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Perindagkop dan UKM Provinsi Kalimantan Timur melakukan beberapa cara dalam menangani dampak Covid-19 terhadap UMKM.

Yaitu melalui pembinaan dan peningkatan SDM pelaku usaha, contohnya melalui Bimbingan Teknis IKM Pangan dan Sandang, beberapa pelatihan seperti Pelatihan Pengolahan Produk Makanan, Pelatihan Kemasan Produk dan Pelatihan Kerajinan Kayu. Pemerintah juga mendukung Gerakan #BanggaBuatanIndonesia melalui Gerakan Ekonomi Beli Produk UKM Kaltim (SK Gubernur No. 518/3618/EK) tanggal 16 Juni 2020.

Pemerintah juga memberikan bantuan usaha melalui Bantuan Bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM) sebesar 2,4 juta kepada pelaku usaha mikro untuk menjalankan usaha di tengah pandemi Covid-19. Upaya lain yang diberikan pemerintah adalah melakukan pendampingan pelaku usaha melalu Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) dan Klinik Bisnis Disperindagkop dan UKM Kaltim yang berada di Jl. Dahlia No. 06 Samarinda.

Hadir sebagai narasumber, Bapak Daryono dari Dosen Administrasi Publik Fisip Unmul dan Bapak Agus Junaidi dari Asosiasi UMKM Kota Samarinda serta Ibu Santi Rande sebagai moderator.

https://indagkop.kaltimprov.go.id/

#indagkopkaltim
#pemprovkaltim