Shopping cart

Subtotal: $4398.00

View cart Checkout

shape
shape

Sejumlah Lokasi Diproyeksikan Jadi RPB Komoditi Unggulan

  • Home
  • Sejumlah Lokasi Diproyeksikan Jadi RPB Komoditi Unggulan

Sejumlah Lokasi Diproyeksikan Jadi RPB Komoditi Unggulan

RPB memang tak serta-merta dibangun. Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) Kalimantan Timur (Kaltim) melakukan serangkaian kajian agar project ini tak sekadar terealisasi. Apalagi, komoditi unggulan yang bakal diproduksi di sana cukup beragam.

Sejumlah lokasi di Kaltim direncanakan menjadi RPB untuk komoditi unggulan tertentu. Diantaranya, minyak goreng bakal berlokasi di Kecamatan Kembang Janggut –Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Lalu pakan ternak di Kota Bangun –Kabupaten Kukar. Kakao di Kabupaten Berau. Serta sayur di Kota Samarinda.

“Ada 9 sampai 10 pabrik yang kami prioritaskan menjadi RPB. Tapi implementasinya disesuaikan dengan anggaran yang kami miliki, dan mana prioritas yang dibangun lebih dulu,” kata Kepala Disperindagkop UKM Kaltim, Heni Purwaningsih, saat ditemui Klik Samarinda di ruang kerjanya, Jumat.

Jika terwujud, RPB ini bakal dikelola oleh para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM). Hal ini sejalan dengan misi Disperindagkop UKM Kaltim yang ingin melakukan pemberdayaan masyarakat.

“Mereka berhubungan langsung dengan proses produksi di RPB,” ujarnya. “Contohnya minyak goreng, yang terlibat di sana adalah koperasi sawit yang dikelola oleh masyarakat. Seperti petani sawit swadaya. Itu nanti mereka yang akan mengelola di sana,” timpal Heni Purwaningsih.