Shopping cart

Subtotal: $4398.00

View cart Checkout

shape
shape

Training Of Trainer Pendataan Lengkap SIDT-KUMKM

  • Home
  • Training Of Trainer Pendataan Lengkap SIDT-KUMKM

Training Of Trainer Pendataan Lengkap SIDT-KUMKM

Samarinda - Mengundang BPS Provinsi Kalimantan Timur, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Kalimantan Timur bersinergi dengan Kementerian Koperasi dan UKM RI mengadakan Training of Trainer (TOT) Pendataan Lengkap Sistem Informasi Data Tunggal Koperasi dan UMKM Tahun 2022 di Hotel Grand Victoria, Kamis (31/03/2022). Plt. Kepala BPS Kaltim, Nur Wahid menyampaikan terkait Peran BPS dalam Basis Data Tunggal KUMKM. "Kita harus memiliki basis data tunggal UMKM yang bisa menavigasi pengembangan UMKM agar lebih fokus, agar lebih terarah dan berkelanjutan, dan membawa para pelaku usaha kecil, koperasi untuk semakin maju dan sejahtera." ujar Rovan selaku Kasi Produksi, Pembiayaan dan Pemasaran Bidang Koperasi. Rovan turut menyampaikan bahwa tujuan dari pendataan secara lengkap ini bertujuan untuk memperoleh data yang dapat memberikan informasi tentang pelaku usaha sehingga dapat dijadikan sebagai bahan perencanaan dan analisis, mendapatkan informasi penggunaan tenaga kerja, informasi pasokan dan pasar, informasi struktur pendapatan dan pengeluaran dari kegiatan usaha, informasi penggunaan internet dalam kegiatan usaha (on-line), system waralaba (franchise), dan kepemilikan unit usaha/perusahaan (ownership). "Pendataan lengkap KUMKM ini dilaksanakan mulai tahun 2022 tepatnya di bulan April sampai dengan Oktober hingga tahun 2024." lanjut Rovan. "Saya berharap kepada para peserta agar dapat mengikuti TOT ini dengan seksama, sabar dan tekun dengan harapan apa yang kalian peroleh dalam Pelatihan TOT ini bisa menjadi bekal dalam bekerjasama dalam hal pendataan lengkap KUMKM." tutup Rovan. Dari 7 Kabupaten Kota yang telah diundang, hadir perwakilan dari Dinas Koperasi Kota Samarinda, Kota Balikpapan, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kabupaten Paser, Kabupaten Kutai Timur, Kota Bontang. Peserta yang hadir sebanyak 14 orang. (Nad/Ek/HumasDP2KUKM) http://indagkop.kaltimprov.go.id #indagkopkaltim #pemprovkaltimSamarinda - Mengundang BPS Provinsi Kalimantan Timur, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Kalimantan Timur bersinergi dengan Kementerian Koperasi dan UKM RI mengadakan Training of Trainer (TOT) Pendataan Lengkap Sistem Informasi Data Tunggal Koperasi dan UMKM Tahun 2022 di Hotel Grand Victoria, Kamis (31/03/2022).

Plt. Kepala BPS Kaltim, Nur Wahid menyampaikan terkait Peran BPS dalam Basis Data Tunggal KUMKM. "Kita harus memiliki basis data tunggal UMKM yang bisa menavigasi pengembangan UMKM agar lebih fokus, agar lebih terarah dan berkelanjutan, dan membawa para pelaku usaha kecil, koperasi untuk semakin maju dan sejahtera." ujar Rovan selaku Kasi Produksi, Pembiayaan dan Pemasaran Bidang Koperasi.

Rovan turut menyampaikan bahwa tujuan dari pendataan secara lengkap ini bertujuan untuk memperoleh data yang dapat memberikan informasi tentang pelaku usaha sehingga dapat dijadikan sebagai bahan perencanaan dan analisis, mendapatkan informasi penggunaan tenaga kerja, informasi pasokan dan pasar, informasi struktur pendapatan dan pengeluaran dari kegiatan usaha, informasi penggunaan internet dalam kegiatan usaha (on-line), system waralaba (franchise), dan kepemilikan unit usaha/perusahaan (ownership).

"Pendataan lengkap KUMKM ini dilaksanakan mulai tahun 2022 tepatnya di bulan April sampai dengan Oktober hingga tahun 2024." lanjut Rovan.

"Saya berharap kepada para peserta agar dapat mengikuti TOT ini dengan seksama, sabar dan tekun dengan harapan apa yang kalian peroleh dalam Pelatihan TOT ini bisa menjadi bekal dalam bekerjasama dalam hal pendataan lengkap KUMKM." tutup Rovan.

Dari 7 Kabupaten Kota yang telah diundang, hadir perwakilan dari Dinas Koperasi Kota Samarinda, Kota Balikpapan, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kabupaten Paser, Kabupaten Kutai Timur, Kota Bontang. Peserta yang hadir sebanyak 14 orang.

(Nad/Ek/HumasDP2KUKM)

http://indagkop.kaltimprov.go.id

#indagkopkaltim #pemprovkaltim