UMKM Harus Siap Beralih Ke Pemasaran Online
Repost @pemprov_kaltim
Kondisi pasar global pasca pandemi Covid-19 mengalami perubahan signifikan. Pandemi telah mendorong inovasi teknologi digital bergerak sangat cepat. Pelaku UMKM di Kaltim pun harus sigap mengikuti perubahan pasar tersebut.
“Ada pengaruh signifikan antara variable inovasi teknologi terhadap keunggulan bersaing dan inovasi teknologi dalam pemasaran dengan memanfaatkan internet. Jika dulu model interaksi bisnis tradisional bersifat face to face maka saat ini model interaksi itu telah berkembang ke arah interaksi modern berbasis elektronik,” kata Kepala UPTD Pelatihan Koperasi Disperindagkop dan UKM Provinsi Kaltim Zainuddin Panani saat mewakili Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Provinsi Kaltim membuka Pelatihan Pemasaran Onilne di UPTD Pelatihan Koperasi, Jalan DI Pandjaitan Samarinda, Selasa (9/8/2022).
Dijelaskan Zainuddin, strategi digital marketing saat ini berpengaruh hingga 78 persen terhadap keunggulan bersaing UKM dalam memasarkan produknya. Pelatihan ini diharapkan dapat membantu aktivitas pemasaran UKM, apalagi pasca pandemi Covid-19 sekarang ini.
Pelatihan ini diharapkan juga bisa menjadi solusi bagi pelaku usaha untuk tidak hanya terpaku pada model pemasaran konvensional, tetapi juga harus siap beralih ke pemasaran berbasis online digital.
“Inovasi teknologi dalam pemasaran dengan memanfaatkan internet berupa digital marketing atau internet marketing merupakan paradigma yang harus dipahami dalam bisnis saat sekarang ini, selain model konvensional,” tambah Zainuddin.
Pemprov Kaltim lanjut Zainuddin memberikan perhatian serius agar pelaku UMKM bisa bertahan dan terus berkembang di era persaingan yang semakin ketat. Apalagi UKM memiliki peran yang sangat strategis bagi perekonomian nasional karena UMKM merupakan salah satu sektor ekonomi yang berkontribusi besar bagi pembentukan PDRB.Repost @pemprov_kaltim
Kondisi pasar global pasca pandemi Covid-19 mengalami perubahan signifikan. Pandemi telah mendorong inovasi teknologi digital bergerak sangat cepat. Pelaku UMKM di Kaltim pun harus sigap mengikuti perubahan pasar tersebut.
“Ada pengaruh signifikan antara variable inovasi teknologi terhadap keunggulan bersaing dan inovasi teknologi dalam pemasaran dengan memanfaatkan internet. Jika dulu model interaksi bisnis tradisional bersifat face to face maka saat ini model interaksi itu telah berkembang ke arah interaksi modern berbasis elektronik,” kata Kepala UPTD Pelatihan Koperasi Disperindagkop dan UKM Provinsi Kaltim Zainuddin Panani saat mewakili Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Provinsi Kaltim membuka Pelatihan Pemasaran Onilne di UPTD Pelatihan Koperasi, Jalan DI Pandjaitan Samarinda, Selasa (9/8/2022).
Dijelaskan Zainuddin, strategi digital marketing saat ini berpengaruh hingga 78 persen terhadap keunggulan bersaing UKM dalam memasarkan produknya. Pelatihan ini diharapkan dapat membantu aktivitas pemasaran UKM, apalagi pasca pandemi Covid-19 sekarang ini.
Pelatihan ini diharapkan juga bisa menjadi solusi bagi pelaku usaha untuk tidak hanya terpaku pada model pemasaran konvensional, tetapi juga harus siap beralih ke pemasaran berbasis online digital.
“Inovasi teknologi dalam pemasaran dengan memanfaatkan internet berupa digital marketing atau internet marketing merupakan paradigma yang harus dipahami dalam bisnis saat sekarang ini, selain model konvensional,” tambah Zainuddin.
Pemprov Kaltim lanjut Zainuddin memberikan perhatian serius agar pelaku UMKM bisa bertahan dan terus berkembang di era persaingan yang semakin ketat. Apalagi UKM memiliki peran yang sangat strategis bagi perekonomian nasional karena UMKM merupakan salah satu sektor ekonomi yang berkontribusi besar bagi pembentukan PDRB.