Shopping cart

Subtotal: $4398.00

View cart Checkout

shape
shape

Wagub Kunjungi Pelayanan Dinas Perindagkop dan UPTD BPSMB

  • Home
  • Wagub Kunjungi Pelayanan Dinas Perindagkop dan UPTD BPSMB

Wagub Kunjungi Pelayanan Dinas Perindagkop dan UPTD BPSMB

Baru Pertama Ya Bu? Sebelum mengisi tausiyah pagi tadi, Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi menyempatkan waktu untuk meninjau berbagai pelayanan yang tersedia di gedung baru Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Perindagkop) dan UKM Provinsi Kaltim di Jalan MT Haryono Samarinda. Terdapat 7 jenis pelayanan yang disaksikan langsung Wagub Hadi Mulyadi. Yakni pelayanan penerbitan Sertifikat Keterangan Asal (SKA) sebagai dokumen pendukung ekspor, pelayanan pengaduan konsumen, pelayanan kalibrasi alat ukur, timbang dan takar, pelayanan pengujian mutu barang/komoditi, pelayanan pendirian badan hukum koperasi, pelayanan serta pendampingan konsultasi UMKM dan pelayanan konsultasi dan rekomendasi perizinan industri besar. "Bagaimana pelayanannya Pak?" tanya Wagub Hadi Mulyadi kepada staf salah satu perusahaan yang sedang mengurus SKA, Kamis (12/5/2022). Wagub Hadi juga menyapa dua ibu yang sedang mengurus pendirian koperasi. "Baru pertama bikin koperasi ya Bu?" tanya Hadi lagi. Sang ibu menjawab iya, dan langsung meminta waktu untuk foto bersama Wagub Hadi Mulyadi. Peninjauan kemudian dilanjutkan ke UPTD Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang (BPSMB) yang berada di sebelah gedung utama. Wagub kembali bertanya terkait berbagai pengujian yang dilakukan. Beberapa produk yang diuji adalah lada putih, biji kakao, CPO, rumput laut kering, beras, amplang ikan, abon ikan, kakao bubuk, kayu manis, bawang goreng, kopra dan kopi bubuk. "Kalau seperti amplang ini, setelah diuji, kapan diuji lagi?" tanya Wagub Hadi. Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Provinsi Kaltim HM Yadi Robyan Noor menjelaskan pihaknya secara berkala melakukan pengawasan. "Dalam waktu tertentu, secara acak kita lakukan pengujian untuk pengawasan Pak," jawab Roby. Selain itu, untuk keperluan persyaratan penjualan domestik dan ekspor biasanya buyer akan mengajukan persyaratan, dan para pelaku usaha akan kembali mengajukan untuk dilakukan pengujian produk kembali. . "Alhamdulillah Pak Wagub, dari target Rp600 juta, pengujian di sini mampu melampaui target penerimaan menjadi Rp700 juta lebih," ungkap mantan Karo Humas Setda Provinsi Kaltim itu. (sul/her/yans/adpimprovkaltim) . Foto : Hudais TP . www.kaltimprov.go.id . #kaltimberdaulat #pemprovKaltim #indonesiaMaju #infoKaltim #biroadpimkaltim #kalimantantimur #pemprovKTmei2022 #eastborneo #lawancovid19

Baru Pertama Ya Bu?

Sebelum mengisi tausiyah pagi tadi, Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi menyempatkan waktu untuk meninjau berbagai pelayanan yang tersedia di gedung baru Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Perindagkop) dan UKM Provinsi Kaltim di Jalan MT Haryono Samarinda.

Terdapat 7 jenis pelayanan yang disaksikan langsung Wagub Hadi Mulyadi. Yakni pelayanan penerbitan Sertifikat Keterangan Asal (SKA) sebagai dokumen pendukung ekspor, pelayanan pengaduan konsumen, pelayanan kalibrasi alat ukur, timbang dan takar, pelayanan pengujian mutu barang/komoditi, pelayanan pendirian badan hukum koperasi, pelayanan serta pendampingan konsultasi UMKM dan pelayanan konsultasi dan rekomendasi perizinan industri besar.

"Bagaimana pelayanannya Pak?" tanya Wagub Hadi Mulyadi kepada staf salah satu perusahaan yang sedang mengurus SKA, Kamis (12/5/2022).

Wagub Hadi juga menyapa dua ibu yang sedang mengurus pendirian koperasi. "Baru pertama bikin koperasi ya Bu?" tanya Hadi lagi.

Sang ibu menjawab iya, dan langsung meminta waktu untuk foto bersama Wagub Hadi Mulyadi.

Peninjauan kemudian dilanjutkan ke UPTD Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang (BPSMB) yang berada di sebelah gedung utama. Wagub kembali bertanya terkait berbagai pengujian yang dilakukan.

Beberapa produk yang diuji adalah lada putih, biji kakao, CPO, rumput laut kering, beras, amplang ikan, abon ikan, kakao bubuk, kayu manis, bawang goreng, kopra dan kopi bubuk.

"Kalau seperti amplang ini, setelah diuji, kapan diuji lagi?" tanya Wagub Hadi.

Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Provinsi Kaltim HM Yadi Robyan Noor menjelaskan pihaknya secara berkala melakukan pengawasan.

"Dalam waktu tertentu, secara acak kita lakukan pengujian untuk pengawasan Pak," jawab Roby.

Selain itu, untuk keperluan persyaratan penjualan domestik dan ekspor biasanya buyer akan mengajukan persyaratan, dan para pelaku usaha akan kembali mengajukan untuk dilakukan pengujian produk kembali.
.
"Alhamdulillah Pak Wagub, dari target Rp600 juta, pengujian di sini mampu melampaui target penerimaan menjadi Rp700 juta lebih," ungkap mantan Karo Humas Setda Provinsi Kaltim itu. (sul/her/yans/adpimprovkaltim)
.
Foto : Hudais TP
.
www.kaltimprov.go.id
.
#kaltimberdaulat #pemprovKaltim #indonesiaMaju
#infoKaltim #biroadpimkaltim #kalimantantimur
#pemprovKTmei2022 #eastborneo #lawancovid19