Shopping cart

Subtotal: $4398.00

View cart Checkout

shape
shape

Dorong Masyarakat Jadi Konsumen Cerdas, Dinas PPKUKM Kaltim Gelar Edukasi di Teluk Pandan Kutim

  • Home
  • Dorong Masyarakat Jadi Konsumen Cerdas, Dinas PPKUKM Kaltim Gelar Edukasi di Teluk Pandan Kutim

Dorong Masyarakat Jadi Konsumen Cerdas, Dinas PPKUKM Kaltim Gelar Edukasi di Teluk Pandan Kutim



Kutai Timur, 16 Juni 2025 — Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM (PPKUKM) Provinsi Kalimantan Timur melalui Bidang Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) menggelar kegiatan Edukasi Konsumen Cerdas di Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Kutai Timur. Kegiatan ini mengusung tema “Konsumen Kritis, Cerdas Bertransaksi” dan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman serta kesadaran masyarakat akan hak dan kewajiban sebagai konsumen.

Acara yang digelar di Balai Kecamatan Teluk Pandan ini dibuka secara resmi oleh Camat Teluk Pandan, Bapak Anwar, S.Pd. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan pentingnya keberanian masyarakat untuk mengadu jika mengalami kerugian sebagai konsumen. Ia juga mendorong masyarakat untuk lebih selektif dan cerdas dalam melakukan transaksi, terutama di era digital saat ini.

Sebanyak 100 peserta hadir dalam kegiatan ini, terdiri dari pelaku usaha UMKM, anggota PKK, Karang Taruna, serta masyarakat sekitar Kecamatan Teluk Pandan. Para peserta mendapatkan pembekalan dari sejumlah narasumber berkompeten di bidang perlindungan konsumen, di antaranya Drs. Sem Lapik, Apt., M.Sc Kepala Balai Besar POM di Samarinda, Dr. H. Ikhwan Saputera, S.Kom, M.Sos – Perwakilan dari BPJP, Drs. Turmin Ardi – Sekretaris BPSK Kabupaten Berau, Hernawati, SH – Pengawas Perdagangan dari DPPKUKM Provinsi Kaltim dan Narasumber lokal dari Kutai Timur.

Dalam laporannya, Panitia Pelaksana, Hernawati Apriyani menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya peningkatan Indeks Keberdayaan Konsumen (IKK) di Kalimantan Timur. Ia menjelaskan bahwa pada tahun 2024, Kaltim telah memperoleh skor IKK sebesar 57,63 dengan kategori “Mampu Berdaya”.

Lebih lanjut, Hernawati menegaskan bahwa edukasi ini penting agar konsumen tidak hanya sadar akan haknya, tetapi juga mampu mengambil tindakan, seperti melapor melalui kanal resmi termasuk aplikasi Si Komeng. Kegiatan ini juga sejalan dengan upaya Pemprov Kaltim yang secara konsisten menjadi daerah peduli konsumen terbaik di tingkat nasional.
.
Diharapkan, para peserta dapat menjadi agen perubahan dan duta konsumen cerdas di tengah masyarakat. Mereka diharapkan menyebarluaskan informasi mengenai hak dan kewajiban konsumen serta mendorong budaya belanja yang bijak dan bertanggung jawab.
.
http://dppkukm.kaltimprov.go.id
.
#IndagkopKaltim #PemprovKaltim #DPPKUKMKaltim #KaltimMaju #BerAKHLAK #BanggaMelayaniBangsa