Shopping cart

Subtotal: $4398.00

View cart Checkout

shape
shape

Pelatihan Pengembangan Kewirausahaan Menjahit Tingkat Dasar. Heni : Tingkatkan Keterampilan Calon Pelaku Usaha

  • Home
  • Pelatihan Pengembangan Kewirausahaan Menjahit Tingkat Dasar. Heni : Tingkatkan Keterampilan Calon Pelaku Usaha

Pelatihan Pengembangan Kewirausahaan Menjahit Tingkat Dasar. Heni : Tingkatkan Keterampilan Calon Pelaku Usaha

Samarinda - Pengangguran merupakan salah satu masalah yang dihadapi oleh semua negara termasuk Indonesia. Pengangguran berimplikasi kepada munculnya kemiskinan. Demikian juga sebaliknya kemiskinan menjadikan banyaknya pengangguran. Oleh karenanya pemerintah terus berupaya mengentaskan pengangguran dan kemiskinan, salah satunya dengan memberikan pelatihan – pelatihan keterampilan untuk menambah ilmu dan wawasan kepada masyarakat agar bisa menjadi calon pelaku usaha. Sejalan dengan hal tersebut, guna mengentaskan hal tersebut, UPTD Pelatihan Koperasi menggelar Pelatihan berupa Pengembangan Kewirausahaan Menjahit Tingkat Dasar, Selasa (19/03/2024).

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM berupaya terus menerus meningkatkan keterampilan bagi masyarakat dengan tujuan agar masyarakat mampu menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. “Diharapkan dengan adanya pelatihan ini masyarakat termotivasi untuk berwirausaha, keterampilannya meningkat dalam bidang jahit.” ujar Heni, Kadis PPKUKM Prov. Kaltim dalam sambutannya.

Usaha Konveksi rumahan merupakan salah satu sektor informal yang mampu menjanjikan kehidupan layak bagi para pelakunya. Sistem penjualan yang umumnya diadopsi usaha jenir ini dapat menitipkan hasil pakaian jadi mereka ke berbagai toko di pasar - pasar dengan sistem jual titip. Bisa juga dengan menerima pesanan dari rumah. Program pelatihan berbasis kewirausahaan ini menjadi salah satu potensi pencetak insan kreatif yang mampu bersaing dalam usaha konveksi rumahan. “Keberadaan usaha kecil semacam ini jika mampu bertahan dan berkembang, nantinya akan menterap lebih banyak lagi tenaga kerja, karena banyak dari proses produksinya tidak bisa tergantikan dengan mesin, oleh karenanya pelatihan keterampilan berbasis Kewirausahaan menjadi sebuah titik strategis untuk dikembangkan.” ujar Heni. Ia berharap agar seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik.

Pelatihan Pengembangan Kewirausahaan menjahit tingkat dasar ini diikuti oleh 35 orang peserta yang ada di beberapa Kelurahan di Samarinda. Pelaksanaan pelatihan dilakukan secara tatap muka (offline) di gedung UPTD Pelatihan Koperasi DPPKUKM Provinsi Kaltim di Jl. D.I. Panjaitan No. 3 Samarinda, dan diadakan selama 4 hari (19 - 22 Maret 2024).

sumber : Qori

(Nad/Ek/HumasDP2KUKM)

http://dppkukm.kaltimprov.go.id

#ppkukmkaltim #indagkopkaltim #pemprovkaltim