Shopping cart

Subtotal: $4398.00

View cart Checkout

shape
shape

Bimtek Pendamping Petugas Pengawas Barang Jasa, Heni : PPBJ Harus Peka dan Punya Kredibilitas

  • Home
  • Bimtek Pendamping Petugas Pengawas Barang Jasa, Heni : PPBJ Harus Peka dan Punya Kredibilitas

Bimtek Pendamping Petugas Pengawas Barang Jasa, Heni : PPBJ Harus Peka dan Punya Kredibilitas



Balikpapan - Bidang Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) Dinas PPKUKM Prov. Kaltim menggelar Bimtek Pendamping Petugas Pengawas Barang Jasa khusus untuk Aparatur, Kamis-Sabtu (6-8/06/2024). Bimtek ini diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan para aparatur pengawas mengingat bahwa saat ini barang dan jasa yang beredar semakin beragam seiring dengan perkembangan teknologi dan perdagangan digital, serta semakin terintegrasinya pasar dalam negeri ke dalam pasar global.

Peran Petugas Pengawas Barang Beredar dan Jasa sangatlah penting untuk melaksanakan amanat Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, yakni dalam menjaga kualitas dan kemananan barang serta jasa yang beredar di masyarakat sehingga dapat melindungi konsumen dari produk-produk yang tidak sesuai standar dan membahayakan.

“Artinya Peranan Bapak/Ibu Peserta saat ini sangat strategis dalam mendukung terwujudnya kepercayaan konsumen baik dalam negeri maupun luar negeri, apalagi daerah kita telah di tunjuk menjadi IKN tentu banyak tamu yang akan datang tentu akan berbelanja barang maupun jasa.” ujar Heni sesaat sebelum membuka Bimtek tersebut.

Menurut Heni, PPBJ harus peka terhadap peredaran barang dan tertib niaga, PPBJ juga harus memiliki kredibilitas sehingga yang diawasi juga memiliki rasa “takut” sehingga proses tata niaga yg berjalan bisa sesuai aturan. “Untuk itu, setiap PPBJ harus paham benar mengenai aturan.” ujarnya.

“Saya berharap Bapak/Ibu dapat mengikuti Bimtek yang dimulai besok pagi hingga sore hari dengan baik dan serius. Pelajaran dari Bimtek ini dapat menjadi bekal Bapak/Ibu ketika di lapangan dalam melakukan pengawasan. Cermati dan pahami apa yang disampaikan oleh narasumber yang kita datangkan dari Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan.” pesannya.

Hadir seluruh Aparatur Pengawas Bidang PKTN se-Kalimantan Timur sebanyak 20 orang.

Sumber : Heri

(Nad/Ek/HumasDP2KUKM)

http://dppkukm.kaltimprov.go.id

#ppkukmkaltim #indagkopkaltim #pemprovkaltim