Shopping cart

Subtotal: $4398.00

View cart Checkout

shape
shape

IFCA 2020

IFCA 2020

Indonesia Fashion & Craft Awards (IFCA) merupakan salah satu program Bali Creative Industry Center yang berada di bawah Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka – Kementerian Perindustrian. IFCA merupakan ajang kompetisi desain skala nasional dengan mengedepankan Visi Sustainability. Melalui kompetisi ini diharapkan akan diperoleh Desainer Muda yang memiliki kepedulian terhadap kelestarian lingkungan, kepedulian sosial dan tetap memperhatikan keberlanjutan sebuah bisnis / usaha khususnya di industri kriya dan fesyen. Kompetisi IFCA rutin diadakan setiap tahun dan saat ini sudah memasuki tahun ke – 6 (enam). Saat ini dunia sedang mengalami pandemi Covid-19 yang berdampak pada segala hal. Perekonomian beberapa negara mengalami resesi ataupun pertumbuhan negatif, hal ini tentu saja berdampak terhadap penurunan pendapatan masyarakat dan peningkatan angka kemiskinan bahkan kesenjangan sosial. Selain itu, dengan adanya shifting dari offline ke online, tentu saja memiliki dampak terhadap lingkungan dimana isu sampah kemasan pengiriman produk menjadi salah satu masalah yang muncul. Selain itu, dengan adanya pandemi ini, isu kepedulian, kesehatan, kebersihan, lingkungan dan kembali ke alam menjadi trend baru. Dalam merespon berbagai ketidakpastian yang terjadi saat ini, IFCA kembali hadir di tahun 2020 dengan mengusung tema “The Challenge in Uncertainty Era : Responsible Design for Sustainability”. IFCA 2020 berusaha mengajak Desainer Muda bidang Kriya dan Fesyen untuk bisa terlibat aktif dalam memberikan solusi di era yang penuh dengan ketidakpastian saat ini. Selain itu, IFCA menaruh harapan besar bagi desainer yang mendaftar agar mampu menciptakan ide desain produk yang kreatif serta inovatif, memiliki kualitas yang unggul dan menjadi solusi dalam mengatasi isu sosial dan lingkungan yang terjadi saat ini. Namun demikian produk tersebut harus sesuai dengan kebutuhan serta permintaan pasar sehingga akan menjadi bisnis yang sustainable sehingga bisa memberikan manfaat yang lebih besar bagi produsen ataupun konsumen. IFCA 2020 mengajak praktisi desainer, pelaku IKM kreatif / startup / pelaku usaha pemula maksimal 5 tahun, mahasiswa / I atau siswa SMA-SMK yang memenuhi persyaratan : Warga Negara Indonesia. Usia Maksimum 30 Tahun. Peserta wajib mematuhi seluruh peraturan kompetisi. Karya orisinil, belum pernah dipublikasikan dan belum pernah diikutsertakan pada kompetisi sejenis lainnya. Peserta hanya diperbolehkan mengirimkan 1 karya. Kriteria Kompetisi Memiliki nilai kebaruan atau Inovasi untuk mengatasi permasalahan di era ketidakpastian. Menggunakan material yang mudah diperoleh di Indonesia, baik itu material alam, olahan, atau limbah Memiliki konsep bermitra bisnis dengan pengrajin atau artisan. Mengatasi permasalahan sosial atau lingkungan hidup. Mendukung kebudayaan / kearifan lokal. Memiliki Desain yang stylish / modern / kontemporer. Memiliki gagasan pemecahan masalah yang dapat fokus pada aspek produk (bentuk, fungsi, estetik), atau solusi aspek produksi, maupun aspek ekonomi (strategi pemasaran) yang sedang dialami oleh para pelaku, penggiat industri kreatif di Indonesia yang terdampak oleh wabah COVID-19. Desain Kriya meliputi : Kerajinan, Home Décor, Mainan Anak, dll. Desain Fesyen meliputi : Pakaian Jadi, Aksesoris Fesyen, Alas Kaki, dll. Kriteria Penilaian Memiliki nilai kebaruan/inovasi (Dilihat dari sisi desain/teknik/ bahan baku/pemasaran dan kesesuaian dengan masa kini). Karya berbasis dari kearifan lokal, estetik dan orisinil. Desain memiliki kelayakan dari aspek produksi (Mudah diproduksi, terkait hal-hal teknis dan efisiensi) Bahan baku tersedia di dalam negeri, ramah lingkungan ataupun bahan baku daur ulang sampah (upcycle). Desain memiliki potensi secara komersial dan memiliki Rencana Pengembangan Produk / Produksi melalui pola kemitraan dengan IKM. Untuk menjadi desainer terbaik IFCA 2020, peserta akan melewati berbagai tahapan diawali dengan seleksi administrasi, coaching, pembuatan protoype hingga presentasi desain produk. Peserta yang lolos pada tahapan seleksi administrasi tahap pertama akan diseleksi menjadi 100 nominator yang berhak mengikuti Coaching Tahap 1, dengan materi meliputi aspek Desain, Sustainability dan Bisnis. Materi terkait Sustainability: Social / Community Entreprise Social Responsibility) Materi terkait Desain : Innovative and Sustainable Design Based on Local Culture Market Research Prototyping Design for Social Innovation Materi terkait bisnis: Business Opportunity; Idea Generation & Market Validation Strategic Management; Social Business Plan Kemudian 100 nominator tersebut akan mengirimkan hasil karya atau desain produk untuk seleksi tahap 2. Hasil seleksi tahap 2 akan dicari 14 nominator terbaik terdiri dari 7 kategori Fesyen dan 7 kategori Kriya yang berhak mengikuti Coaching Tahap 2. Peserta coaching tahap 2 mendapatkan fasilitasi biaya pembuatan prototype, dan berkesempatan untuk mendapatkan akses kepengrajin lokal, akses pasar dan material branding (Katalog Nominator IFCA). Selama proses Coaching Tahap 2 berlangsung, Peserta IFCA diberikan waktu selama 2 minggu untuk membuat Prototype untuk dipresentasikan di Tahap Final. Kemudian pada Tahapan Final, 14 nominator terbaik akan mempresentasikan Prototype yang sudah dibuat selanjutnya untuk ditetapkan pemenang 3 pemenang dari masing-masing kategori, dan pemilihan juara umum / favorit. Untuk mengikuti kompetisi dan melakukan pendaftaran dengan mengakses link sebagai berikut http://bit.ly/KompetisiIFCA2020.

Indonesia Fashion & Craft Awards (IFCA) merupakan salah satu program Bali Creative Industry Center yang berada di bawah Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka – Kementerian Perindustrian. IFCA merupakan ajang kompetisi desain skala nasional dengan mengedepankan Visi Sustainability. Melalui kompetisi ini diharapkan akan diperoleh Desainer Muda yang memiliki kepedulian terhadap kelestarian lingkungan, kepedulian sosial dan tetap memperhatikan keberlanjutan sebuah bisnis / usaha khususnya di industri kriya dan fesyen. Kompetisi IFCA rutin diadakan setiap tahun dan saat ini sudah memasuki tahun ke – 6 (enam).

Saat ini dunia sedang mengalami pandemi Covid-19 yang berdampak pada segala hal. Perekonomian beberapa negara mengalami resesi ataupun pertumbuhan negatif, hal ini tentu saja berdampak terhadap penurunan pendapatan masyarakat dan peningkatan angka kemiskinan bahkan kesenjangan sosial. Selain itu, dengan adanya shifting dari offline ke online, tentu saja memiliki dampak terhadap lingkungan dimana isu sampah kemasan pengiriman produk menjadi salah satu masalah yang muncul. Selain itu, dengan adanya pandemi ini, isu kepedulian, kesehatan, kebersihan, lingkungan dan kembali ke alam menjadi trend baru.

Dalam merespon berbagai ketidakpastian yang terjadi saat ini, IFCA kembali hadir di tahun 2020 dengan mengusung tema “The Challenge in Uncertainty Era : Responsible Design for Sustainability”. IFCA 2020 berusaha mengajak Desainer Muda bidang Kriya dan Fesyen untuk bisa terlibat aktif dalam memberikan solusi di era yang penuh dengan ketidakpastian saat ini. Selain itu, IFCA menaruh harapan besar bagi desainer yang mendaftar agar mampu menciptakan ide desain produk yang kreatif serta inovatif, memiliki kualitas yang unggul dan menjadi solusi dalam mengatasi isu sosial dan lingkungan yang terjadi saat ini. Namun demikian produk tersebut harus sesuai dengan kebutuhan serta permintaan pasar sehingga akan menjadi bisnis yang sustainable sehingga bisa memberikan manfaat yang lebih besar bagi produsen ataupun konsumen.

IFCA 2020 mengajak praktisi desainer, pelaku IKM kreatif / startup / pelaku usaha pemula maksimal 5 tahun, mahasiswa / I atau siswa SMA-SMK yang memenuhi persyaratan :

  • Warga Negara Indonesia.
  • Usia Maksimum 30 Tahun.
  • Peserta wajib mematuhi seluruh peraturan kompetisi.
  • Karya orisinil, belum pernah dipublikasikan dan belum pernah diikutsertakan pada kompetisi sejenis lainnya.
  • Peserta hanya diperbolehkan mengirimkan 1 karya.


Kriteria Kompetisi

  • Memiliki nilai kebaruan atau Inovasi untuk mengatasi permasalahan di era ketidakpastian.
  • Menggunakan material yang mudah diperoleh di Indonesia, baik itu material alam, olahan, atau limbah
  • Memiliki konsep bermitra bisnis dengan pengrajin atau artisan.
  • Mengatasi permasalahan sosial atau lingkungan hidup.
  • Mendukung kebudayaan / kearifan lokal.
  • Memiliki Desain yang stylish / modern / kontemporer.
  • Memiliki gagasan pemecahan masalah yang dapat fokus pada aspek produk (bentuk, fungsi, estetik), atau solusi aspek produksi, maupun aspek ekonomi (strategi pemasaran) yang sedang dialami oleh para pelaku, penggiat industri kreatif di Indonesia yang terdampak oleh wabah COVID-19.


 

Desain Kriya meliputi : Kerajinan, Home Décor, Mainan Anak, dll.

Desain Fesyen meliputi : Pakaian Jadi, Aksesoris Fesyen, Alas Kaki, dll.

Kriteria Penilaian

  • Memiliki nilai kebaruan/inovasi (Dilihat dari sisi desain/teknik/ bahan baku/pemasaran dan kesesuaian dengan masa kini).
  • Karya berbasis dari kearifan lokal, estetik dan orisinil.
  • Desain memiliki kelayakan dari aspek produksi (Mudah diproduksi, terkait hal-hal teknis dan efisiensi)
  • Bahan baku tersedia di dalam negeri, ramah lingkungan ataupun bahan baku daur ulang sampah (upcycle).
  • Desain memiliki potensi secara komersial dan memiliki Rencana Pengembangan Produk / Produksi melalui pola kemitraan dengan IKM.


Untuk menjadi desainer terbaik IFCA 2020, peserta akan melewati berbagai tahapan diawali dengan seleksi administrasi, coaching, pembuatan protoype hingga presentasi desain produk. Peserta yang lolos pada tahapan seleksi administrasi tahap pertama akan diseleksi menjadi 100 nominator yang berhak mengikuti Coaching Tahap 1, dengan materi meliputi aspek Desain, Sustainability dan Bisnis.

Materi terkait Sustainability:

  • Social / Community Entreprise
  • Social Responsibility)


Materi terkait Desain :

  • Innovative and Sustainable Design Based on Local Culture
  • Market Research
  • Prototyping
  • Design for Social Innovation


Materi terkait bisnis:

  • Business Opportunity;
  • Idea Generation & Market Validation
  • Strategic Management;
  • Social Business Plan


Kemudian 100 nominator tersebut akan mengirimkan hasil karya atau desain produk untuk seleksi tahap 2. Hasil seleksi tahap 2 akan dicari 14 nominator terbaik terdiri dari 7 kategori Fesyen dan 7 kategori Kriya yang berhak mengikuti Coaching Tahap 2. Peserta coaching tahap 2 mendapatkan fasilitasi biaya pembuatan prototype, dan berkesempatan untuk mendapatkan akses kepengrajin lokal, akses pasar dan material branding (Katalog Nominator IFCA). Selama proses Coaching Tahap 2 berlangsung, Peserta IFCA diberikan waktu selama 2 minggu untuk membuat Prototype untuk dipresentasikan di Tahap Final. Kemudian pada Tahapan Final, 14 nominator terbaik akan mempresentasikan Prototype yang sudah dibuat selanjutnya untuk ditetapkan pemenang 3 pemenang dari masing-masing kategori, dan pemilihan juara umum / favorit.

Untuk mengikuti kompetisi dan melakukan pendaftaran dengan mengakses link sebagai berikut

http://bit.ly/KompetisiIFCA2020.