Shopping cart

Subtotal: $4398.00

View cart Checkout

shape
shape

IKM Kelurahan Jenebora Tingkatkan Pengetahuan, 35 Peserta Ikuti Pelatihan dan Pengembangan Terasi Udang

  • Home
  • IKM Kelurahan Jenebora Tingkatkan Pengetahuan, 35 Peserta Ikuti Pelatihan dan Pengembangan Terasi Udang

IKM Kelurahan Jenebora Tingkatkan Pengetahuan, 35 Peserta Ikuti Pelatihan dan Pengembangan Terasi Udang



PPU - Sebanyak 35 peserta dari Industri Kecil Menengah (IKM) Sentra Terasi di Kelurahan Jenebora, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mengikuti pelatihan pendampingan dan pengembangan One Village One Product (OVOP) untuk terasi udang. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 11 hingga 13 Juni 2024 ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para IKM dalam menghasilkan terasi udang yang berkualitas dan aman untuk dikonsumsi.

Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi, UKM Perindustrian Dan Perdagangan Kab.PPU, Margono Hadi Sutanto. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa diperlukan pengetahuan terkait keamanan pangan dan diversifikasi produk olahan hasil perikanan untuk meningkatkan daya saing dan kualitas produk yang dihasilkan oleh IKM di Kelurahan Jenebora.

Para peserta pelatihan mendapatkan materi tentang berbagai aspek terkait produksi terasi udang, mulai dari pemilihan bahan baku, proses pengolahan, pengemasan, hingga pemasaran. Selain itu, para peserta juga mendapatkan pelatihan tentang penerapan Cara Kerja Baik dan Sanitasi Pangan dalam produksi terasi udang.

Narasumber dalam pelatihan ini berasal dari Dinas Kesehatan Kabupaten PPU dan Balai Standardisasi Pengujian Keamanan Pangan dan Mutu Hasil Perikanan (BSPJI) Kota Samarinda. Para narasumber memberikan materi dengan jelas dan mudah dipahami oleh para peserta.

Diharapkan dengan mengikuti pelatihan ini, para IKM di Kelurahan Jenebora dapat meningkatkan kualitas produk terasi udang mereka dan menjadi lebih berdaya saing di pasar. Hal ini tentunya akan berdampak positif pada peningkatan pendapatan para IKM dan perekonomian daerah setempat.

(Nad/Ek/HumasDP2KUKM)

http://dppkukm.kaltimprov.go.id

#ppkukmkaltim #indagkopkaltim #pemprovkaltim