Shopping cart

Subtotal: $4398.00

View cart Checkout

shape
shape

Sosialisasi dan Edukasi TKDN dan E-Katalog Dorong Jejaring Bisnis UKM dan OPD di Kaltim

  • Home
  • Sosialisasi dan Edukasi TKDN dan E-Katalog Dorong Jejaring Bisnis UKM dan OPD di Kaltim

Sosialisasi dan Edukasi TKDN dan E-Katalog Dorong Jejaring Bisnis UKM dan OPD di Kaltim



Samarinda, Dalam rangka mendorong partisipasi Usaha Kecil Menengah dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Kalimantan Timur menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi dan Edukasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dan E-Katalog untuk Membangun Jejaring Bisnis antara UKM dan Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemprov Kaltim. Acara ini dilaksanakan pada hari Jumat (28/06/2024) di Hotel Puri Senyiur Samarinda dan dihadiri oleh para pelaku UKM di Kota Samarinda dan sekitarnya.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman para pelaku UKM tentang ketentuan TKDN dan E-Katalog dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah, serta membangun jejaring bisnis antara UKM dan OPD. Sosialisasi dan edukasi ini diharapkan dapat mendorong UKM Kaltim untuk lebih aktif dalam berpartisipasi dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah, sehingga dapat meningkatkan daya saing dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

Acara dibuka oleh Kepala Dinas Perindagkop UKM Kaltim yang diwakili oleh Kepala Bidang Perdagangan Ali Wardana, yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa “Penting bagi kita untuk memastikan bahwa pelaku UKM memiliki pemahaman yang baik tentang bagaimana memanfaatkan E-Katalog secara optimal. Inilah alasan utama mengapa acara sosialisasi dan edukasi ini sangat penting. Kita ingin memastikan bahwa UKM di Kalimantan Timur dapat meningkatkan daya saing mereka melalui pemanfaatan teknologi dan inovasi.”

Selanjutnya, narasumber dari Balai Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Samarinda (BSPJI Samarinda) Haspiadi menyampaikan materi tentang TKDN dan E-Katalog. Dalam materinya, narasumber menjelaskan tentang pentingnya TKDN dalam mendukung industri dalam negeri, serta tata cara pendaftaran dan penggunaan E-Katalog bagi UKM.

Para peserta tampak antusias mengikuti sosialisasi dan edukasi ini. Mereka mengajukan berbagai pertanyaan kepada narasumber terkait dengan TKDN dan E-Katalog. Diharapkan dengan kegiatan ini, para pelaku UKM Kaltim akan semakin memahami ketentuan TKDN dan E-Katalog, sehingga dapat lebih mudah untuk berpartisipasi dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Selain sosialisasi dan edukasi, kegiatan ini juga diisi dengan sesi diskusi dan networking antara para pelaku UKM dan OPD serta pendaftaran langsung e-katalog. Sesi ini diharapkan dapat membantu para pelaku UKM untuk menjalin hubungan kerja sama dengan OPD, sehingga dapat membuka peluang bisnis baru bagi mereka.

Kegiatan Sosialisasi dan Edukasi TKDN dan E-Katalog untuk Membangun Jejaring Bisnis antara UKM dan OPD di lingkungan Pemprov Kaltim ini merupakan salah satu langkah strategis yang kita lakukan adalah dengan memanfaatkan platform E-Katalog. E-Katalog merupakan alat yang sangat efektif untuk meningkatkan transparansi, efisiensi, dan akuntabilitas dalam proses pengadaan barang dan jasa. Melalui E-Katalog, kita dapat memastikan bahwa produk-produk lokal, khususnya dari UKM, memiliki peluang yang lebih besar untuk berpartisipasi dalam pengadaan pemerintah.

(Nad/Ek/HumasDP2KUKM)

http://dppkukm.kaltimprov.go.id

#ppkukmkaltim #indagkopkaltim #pemprovkaltim