Shopping cart

Subtotal: $4398.00

View cart Checkout

shape
shape

Sosialisasi dan Fasilitasi Sertifikasi Halal Self Declare Bagi Industri Kecil Menengah (IKM)

  • Home
  • Sosialisasi dan Fasilitasi Sertifikasi Halal Self Declare Bagi Industri Kecil Menengah (IKM)

Sosialisasi dan Fasilitasi Sertifikasi Halal Self Declare Bagi Industri Kecil Menengah (IKM)



Kutai Barat - Bidang Industri Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Kalimantan Timur melaksanakan kegiatan Sosialisasi dan Fasilitasi Sertifikasi Halal Self Declare Bagi Industri Kecil Menengah (IKM) di Kutai Barat, Rabu-Kamis (5-6/06/2024) bertempat di Hotel Sidodadi Barong Tongkok.

Bekerja sama dengan Dinas Koperindag UKM Kutai Barat, sebanyak 30 IKM yang berasal dari Melak, Barong Tongkok, Linggang Bigung, Tering, Long Iram mengikuti kegiatan ini. Kegiatan ini diisi oleh Narasumber dari Pusat Penelitian Halal Center Unmul, pada hari pertama membawakan teri terkait sertifikasi halal BPJPH skema self declare, dilanjutkan dengan bimbingan teknis pendaftaran dan pengisian permohonan sertifikasi halal pada akun si halal. Dan pada hari kedua, Pusat Penelitian Halal Center Unmul melakukan verifikasi dan validasi lapangan, selanjutnya dilakukan kunjungan ke tempat produksi pelaku IKM yg mengajukan permohonan sertifikasi halal untuk m,elihat dan memvalidasi secara langsung tempat produksi, bahan-bahan, kemasan dan alat yang digunakan untuk membuat produknya, sesuai dengan pengajuan.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi UKM Kab. Kutai Barat yang diwakili oleh sekretaris yakni Bapak Godefridus,SE mengucapkan terimakasih kepada Disperindagkop UKM Kaltim yang telah menyelenggarakan kegiatan sosialisasi dan fasilitasi halal self-declare bagi IKM yg ada di Kutai Barat terutama Kecamatan Melak Dan Barong Tongkok. "Selain itu patut kita syukuri karena narasumber kali ini berasal dari Universitas Mulawarman yang berpengalaman secara langsung menjadi pendamping para UMKM dalam sertifikasi halal. Tentunya hal ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya agar bisa mewujudkan target dan program nasional yang kita kenal dengan WHO2024 (Wajib Halal Oktober 2024). Dengan terlaksananya program tersebut diharapkan bisa menjadi Salah satu ikhtiar untuk memperbesar UMKM yang ada di Kab. Kutai Barat dan pada akhirnya bisa meningkatkan kesejahteraan pelaku UMKM." ujarnya

(Nad/Ek/HumasDP2KUKM)

http://dppkukm.kaltimprov.go.id

#ppkukmkaltim #indagkopkaltim #pemprovkaltim